Assalamu’alaikum

Alhamdulillah, salah satu rangkaian agenda Sebelas Maret Islamic Festival 1436H dari LKI bersama LDK se-UNS telah terselenggara pada Kamis, 14 Mei 2015 di Aula FISIP UNS dengan sangat luar biasa, sangar, keren, wow bgt deh… Antusias peserta pecah, sampe over quota.

Materi mengenai Politik Islam dari dua pembicara yang sangat amazing diantaranya bapak Muhammad Qobid’ainul A. S.IP, MA, dosen Hubungan Internasional FISIP UNS yang juga seorang pengamat Politik Islam dan Timur Tengah, kemudian pembicara yang tidak kalah amazing juga yaitu bapak H. Sugeng Riyanto, SS. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Surakarta dari fraksi salah satu partai politik yang bernuansa Islam.

Rangkaian acara Talkshow #IKMZ diawali dengan tilawah Al-Qur’an, kemudian setelah sambutan oleh ketua umum LKI dan ketua panitia #IKMZ dilanjutkan dengan sedikit hiburan tayangan video mengenai Ibn Khaldun. Salah satu karyanya yang kemudian kami angkat sebagai tema utama agenda kali ini yaitu Muqaddimah Ibn Khaldun. Sebuah karya luar biasa mengenai Politik Islam dan juga berbagai hal lain yang juga terkait. Teorinya dalam Muqaddimah ini juga dipelajari banyak program studi terutama fakultas sosial politik. Namun namanya masih kurang terkenal di kalangan umum padahal karyanya ini sangat top dan bahkan telah mencakup banyak hal yang mendahului berbagai pemikiran terkenal saat ini dari tokoh-tokoh lain. Itulah salah satu latar belakang kami mengangkat tema ini dalam rangkaian #SIFT36H.

Warisan dari Nabi adalah Ilmu, dan ulama adalah penerus ilmu dari Nabi. Salah satunya adalah ilmu Politik. Politik menurut Islam adalah Pengaturan, mengelola bukan hanya cara untuk berkuasa, tetapi juga mengatur masyarakat, yang nantinya kekuasaanya untuk mensejahterakan masyarakat. Berbeda pengertian politik dalam Islam dengan pengertian politik di dalam negara (umum). Politik Islam adalah menegakkan kekuasaan sesuai dengan ajaran Islam.

Semoga agenda dari kami ini dapat bermanfaat bagi semua dalam mengangkat dan memperbaiki wajah Politik Islam di negeri kita Indonesia. Kita tunggu Khaldun-Khaldun muda selanjutnya yang menginspirasi,

yang mewarisi semagat ini, yang membela kebaikan ini, yang nantinya pantas kita beri “oplos”, eh.. applause.

Wassalamu’alaikum

 

 

#SIFT36H #IKMZ #RumahTeduhLKI15 #LKINduweGawe


 sift lki 2015

sift lki 2015 backdrop

sift lki 2015 peserta

sift lki 2015 pembicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
= 5 + 0